Wisata Tebing Breksi “Bekas Penambangan Menjelma Menjadi Wisata Populer Kota Yogyakarta”

tebing breksi

Backpikir.com, Tahun 2014 menjadi tahun pahit bagi warga Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Kota Yogyakarta. Hal ini disebabkan karena masyarakat Sambirejo kahilangan mata pencarian mereka yang semula menambang batu kapur menjadi kehilangan usaha di karenakan ada penutupan tambang oleh  Sri Sultan Hamengku Buwono X dikarenakan tempat pertambangan mereka akan di jadikan tempat lindung, cagar budaya.  Penutupan ini terjadi setelah ada penelitian dari berbagai instansi yang mengatakan bahwasannya tempat yang mereka tambang adalah bekas endapan abu vulkanik dari aktivitas gunung Purba Nglanggeran Wonosari, dengan pendekatan sosial serta arahan yang baik, masyarakat setempat mau menerima keputusan yang sudah di ambil oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur sekaligus Raja Yogyakarta.

Tebing Breksi
Tebing Breksi
Tebing Breksi
Tebing Breksi

Seiringnya waktu berjalan masyarakat setempat mulai berfikir bagaimana memanfaatkan tempat yang sudah diresmikan sebagai tempat lindung agar tetap bisa menghasilkan masyarakat sekitar. Alhasil, setahun kemudian masyarakat dibantu oleh pemerintah mencoba untuk mengembangkan tempat yang semula menjadi tempat pertambangan menjadi tempat wisata. Pada tahun 2015 pertama kali dibuka untuk umun serta  diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, Dengan kerjasama baik antara masyarakat pengelolah dan pemerintah tempat ini menjadi tempat tujuan wisatawan dan menjadi tempat wisata popular pada tahun 2017.

Selain kerjasama baik antara pemerintah dengan masyarakat, lokasi Breksi sendiri mendukung untuk di jadikan tempat wisata. Berada di lokasi dataran tinggi, jelas saja ini menjadi  nilai plus untuk dijadikan tempat wisata, selain dari ketinggian kita dapat memandang luas yang dibawahnya, kita juga  dapat melihat sunrise di sore hari yang mana fenomena ini sering di cari untuk dinikmati oleh para wisatawan. Selain potensi yang dimiliki Breksi sendiri, pengelola selalu berinovasi yang bertujuan menarik para pengunjung.

Tebing Breksi
Tebing Breksi
Tebing Breksi

Bawah hingga atas tebing selalu di poles agar menjadi lebih cantik serta menarik, hal ini di tandai dengan adanya ukiran  dinding berbentuk naga, macan hingga wayang Jawa. Penambahan spot-spot foto diatas tebing sebagai bentuk inovasi, dari mulai bentuk seperti ala Pelangi, spot Pintu Awan, spot Replika Rumah, spot Rumah Kutub dan lainnya yang semestinya ini semua mempunyai backroun ketinggian yang menambah indah dan bangus foto yang dihasilkan. Di sekitar lokasi di sediakan fasilitas oleh pengelola, seperti tempat istirahat, rumah makan, musholah hingga toilet serta tempat bersantai dibawah tebing yang mestinya nyaman untuk berkumpul bersama teman-teman maupun keluarga.

Tebing Breksi
Tebing Breksi
Tebing Breksi

Terkait biaya masuk tebing Breksi sangatlah terjangkau, kita hanya membutuhkan Rp 7.000 saja untuk masuk yang rinciannya Rp 5.000  untuk biaya masuk per-orang dan Rp 2.000 untuk  biaya kendaraan yang kita bawa. Terkait lokasi Tebing Breksi di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Kota Yogyakarta dan terkait perjalanan sampai Tebing Breksi hampir sama dengan Candi Ijo yang sebelumnya sudah kami infokan dalan postingan sebelumnya, yakni kita cukup ke arah Timur dari kota Yogyakarta melewati  jalan Jogja-Solo sekitar 12 km, setelah itu akan menemui Candi familiar yakni Candi Prambanan, anda ambil arah kanan dari jalan Jogja-Solo (arah Selatan, bertemu Pasar Prambanan) kemudian lurus saja sekitar 3 km kemudian menemukan Plang Tebing Breksi anda belok Kiri, kemudian anda lurus saja mengikuti jalan hingga bertemu tempat wisata Tebing Breksi.

Selamat menikmati wisata Tebing Breksi, bila ada yang mau bertanya maupun memberi masukan serta berbagi pengalaman silakan tuliskan di kolom yang telah kami sedikan, semoga info diatas dapat memberikan manfaat serta jangan lupa hati-hati lurr, hehehee…..

1 Reply to “Wisata Tebing Breksi “Bekas Penambangan Menjelma Menjadi Wisata Populer Kota Yogyakarta””

Leave a Reply