SEJARAH PASAR KEBON EMPRING DESA BINTARAN WETAN YOGYAKARTA

pasar empring

Backpikir.com, Berjalan-jalan ketempat yang unik dan hanya ada di Indonesia yakni “pasar”. Berbeda pada pasar yang bisanya kita jumpai di kota-kota atau di pedesaan pada umumnya, ada yang unik di Desa Bintaran Wetan pinggir kali Gawe, Pasarnya bernama pasar kebon empring.

Konsep pasar kebon empring menawarkan makanan tradisional yang ada di indonesia misalnya lotek, batagor, telur gulung, es kopyor, es teh, es jeruk panas, jenang, cilok, dawet bathok, sego gemak, sego gurih, sego wiwit, soto gerabah jenang campur, bubur kacang ijo dan es kuwut.

pasar empring yogyakata
pasar empring yogyakata
pasar empring yogyakarta

Beberapa minuman dan makanan bisa kita beli dengan harga murah tak mencapai kantong kita kering hanya  Rp. 20.000 ribu kita sudah bisa mencicipi makanan khas Indonesia, pasar tersebut buka setiap hari, jangan kayak saya kesana pada hari yang tidak tepat yakni hari jumat seharusnya pada hari sabtu atau minggu pengunjung sangat banyak. Untuk kawan-kawan bila mau kepasar empring diusahakan pada hari sabtu atau minggu lebih ramai dan di iringi lagu koes plus dan dangdut apalagi bersama keluarga  lebih asik dan parkirnyapun seiklasnya.

pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta

Beberapa pengunjung aku temui mengenai kenyamanan pasar empring tersebut, bisa disebut mas Masud baru pertama kali ia datang kesini. Hal yang pertama kali ia rasakan dengan pasar ini adalah unik, tradisional dan nyaman apalagi datang pada pagi hari atau sorehari kata beliau. 

Rekomendasi :

Konsep pertama sejarah pasar kebon empring dikarnakan dulunya pernah terjadi banjir besar di kali gawe yang menyebabkan runtuhnya jembatan yang membuat akses jalan terputus, dari situlah pembikinan jembatan gantung dengan corak warna-warni dibuat, tak disangka dari jembatan tersebut banyak pemuda-pemudi mengunjungi sekedar berfoto ataupun menikmati dikala sore hari di jembatan gantung tersebut.

pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta

Ibu Titik dan pemuda desa bintara melihat banyaknya para wisata berdatangan semakin hari semakin banyak. Oleh karna itu, 19 pemuda desa Bintaran wetan bersama ibu Titing untuk membikin pasar yang disebut sekarang ini pasar empring. Pasar kebon empring dikelola oleh  pemuda dan warga belom ada setahun ini  dari berdirinya pasar tersebut. Bisa membuat pemasukan bagi ibu-ibu Bintaran wetan semenjak itu perekonomian meningkat.

pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta
pasar empring yogyakarta

Pengunjung pada hari hari sabtu dan minggu membeludak kisaran Rp. 2000 rb orang yang ingin mengetahui keunikan pasar kebon empring atupun ingin mencicipi makanan has indosesia. kata ibu Apri yang berjualan es kuwut peng hasilan rata bisa mencapai Rp. 100.000 rb/ hari, berbeda dengan hari sabtu dan minggu penghasilan bisa mencapai lebih dari Rp. 500.000 rb, yang pasti pendapatan perbulan sampai kisaran Rp. 2.000.000 juta / bulan, kata ibu Titik sewaktu di wawancarai. ‘’Sayangilah alam dan cintailah budaya Indonesia’’ yang belom pernah datang ke pasar empring luangkanlah waktu untuk datang sejenak melepas bisingnya suara kenalpot perkotaan, terimakasi yang sudah membaca semoga bisa bermanfaat bagi kita semua…..

RECENT POST :

Leave a Reply