JALUR KLEDUNG GUNUNG SINDORO – CLIMBING INDAH MENAWAN HATI

Backpikir. Jalur kledung Gunung Sindoro, merupakan gunung yang terletak disekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.153 mdpl dan memiliki empat jalur pendakian, yakni jalur Kledung, jalur Sikatok, jalur Sibajak dan jalur Jlumpit. Dari ke-empat jalur tersebut yang paling favorit dikalangan pendaki adalah jalur Kledung (keindahannya) dan jalur Sikatok (tercepat).

Rute yang dapat dipilih dari ada tiga alternative yakni dari arah Selatan dari kota Solo, Yogyakarta dan sekitarnya bisa mengambil rute Magelang-Temanggung–Parakan-Basecamp Kledung. Arah Barat bisa mengambil Rute Banjarnegara–Wonosobo-Basecamp Kledung. Arah Utara bisa melewati Pekalongan-jl. Raya Limpung-jl. Dieng–Wonosobo–Wonosobo-Basecamp Kledung / Semarang–Ambarawa–Secang–Parakan-Wonosobo-Basecamp Kledung. Arah Timur Boyolali–Salatiga–Secang–Temanggung–Wonosobo-Basecamp Kledung.

Gunung Sindoro

Ketika hendak mendaki melewati jalur Kledung, anda perlu menyiapkan uang retribusi masuk hanya 20.000 (fasilitas dan tiket) dan biaya parkir 10.000, Setelah itu bisa langsung memulai pendakian. Jika anda ingin menghemat tenaga anda bisa menggunakan jasa ojek dari Basecamp sampai sebelum Pos 2 dengan biaya 20.000 namun jika ingin menikmati pemandangan perkebunan dan ladang daun tembakau disarankan berjalan langsung dari Basecamp.

Jalur Kledung di gunung Sindoro sendiri memiliki dua tempat yang dapat dijadikan Camp tenda yakni di Pos 3 dan Sunrise Camp dan duanya memiliki kelebihan dan pemandangan yang luar biasa apalagi ketika malam hari. Dari Basecamp menuju Pos 3 (Camp pertama)  membutuhkan waktu 3 jam, sedangkan Sunrise Camp (Camp ke-dua) lebih lama 30 menit, disini bisa mendirikan tenda dan beristirahat untuk perjalanan esok harinya.

Perjalanan menuju puncak dari Camp rata-rata para mendaki memulai perjalanan pada pagi hari sekitar jam 3-4 pagi untuk menuju puncak dan menikmati Sunrise. Dari sini keindahan dan perjalanan yang memicu adrenalin sebab jalan yang dilalui lumayan sulit dan menantang karena medan yang lumayan miring dan jalan yang berbatu.

Namun sulitnya medan dan letihnya perjalanan akan di bayar dengan pemandangan yang amat luar biasa, dinginnya suasana pegunungan, lautan awan, gunung menjulang tinggi disekitarnya dan backroun yang menawan hati yakni gunung disebelahnya gunung Sumbing yang amat cantik dan indah ketika ingin mengabadikan momentum.

Gunung Sindoro. Keindahannya tidak sampai disitu, ketika hendak menuju puncak pendaki akan di sugungkan dengan hamparan Sabana yang sangat luas dan hamparan bebatuan yang indah untuk dinikmati. Ketika sudah sampai puncakpun kita dapat melihat secara langsung kawah yang masih aktive mengeluarkan asapnya serta gemuruh dari aktivitas lahar gunung Sindoro.

Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro
Gunung Sindoro

Inilah cerita salah satu gunung tertinggi dipulau Jawa Gunung Sindoro, menggunakan jalur Kledung dengan rintangan dan keindahan yang siap disugungkan bagi para pendaki yang mestinya akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Jika ada pertayaan maupun komentar silakan tuliskan pada kolom yang sudah kami siapkan… haturnuwunn…

Info penting :

  • Packing di Basecamp saja karena barang akan dibongkar lagi untuk dicek.
  • ketika hendak mendaki gunung Sindoro jangan membawa tisu basah karena dilarang dan bila ketahuan akan dikenakan denda.
  • Aktivitas blerang meningkat pada jam 11.00 keatas, maka diharapkan sebelum jam 11.00 pendaki sudah turun ke-Camp.

2 Replies to “JALUR KLEDUNG GUNUNG SINDORO – CLIMBING INDAH MENAWAN HATI”

Leave a Reply