Candi Sambisari – Oleh Raja Rakai Garung Untuk Pacul Pak Tani

Candi sambisari
Backpikir.com,- Candi sambisari yang hilang lalu ditemukan dan akhirnya menjadi destinasi wisata favorit. seorang petani  pada tahun 1966 tidak sengaja menemukan bongkahan batu berhiaskan pahatan ketika memacul disawahnya, berita tersebut menyebar lalu melalui proses penggalian dan rekonstruksi yang di lakukan Badan Arkeologi Yogyakarta akhirnya diresmikan pada bulan Maret 1987.

Candi sambisari, tempat wisata keluarga dan sejarah yang  patut masuk list daftar lokasi tempat wisata apabila mengunjungi Yogyakarta. Terletak di timur kota jogja, candi sambisari termasuk mudah di akses karena jarak lokasi candi tidak terlampu jauh dari pusat keramaian kota jogja (Bandara Adisucipto, jalan utama jogja-solo). Begitu juga dengan fasilitas transportasi, ada banyak  alternatif yang bisa di gunakan. Yang pasti menggunakan kendaraan pribadi sangan kami rekomendasikan. 

sambisari
sambisari jogja
sambisar
sambisari full
hijaunya candi sambisari
little sambisari

Terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, candi hindu ini sudah menjadi tumpuan bagi perekonomian masyarakat sekitar. Penting, karena pariwisata harus mampu meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup masyarakatnya. Terbukti saat kami tiba di lokasi, lahan parkir disediakan dari halaman warga yang berada di sekitaran bangunan candi, dengan biaya 2.000-5.000 rupiah untuk sekali parkir, tergantung jenis kendaraan. Belum lagi warung-warung dari warga sekitar yang hampir mengelilingi kawasan candi.

Rekomendasi :

sambisari tampak pojok
candi sambisari
sambisari
sambisari full body
candi sambisari
sambisari

Kondisi candi kami jamin sama seperti gambar sangat terawat dan bersih. bagian atas dikelilingi oleh pepohonan dan tebing-tebing hijau memberikan kesan kontras ketika melihat ke bawah. dengan 4 anak tangga di setiap sisinya candi sambisari di pagari membentuk persegi mengelilingi satu candi utama dan tiga candi perwara. Dari bangunan candi terlihat hanya candi utama dalam keadaan utuh sedangkan sisanya hanya berbentuk baturnya saja, untuk sejarah lengkapnya (sumber : www.perpusnas.go.id ). 

Penilaian untuk Candi Sambisari ?

4 bintang dari 5 penilaian kami untuk Candi Sambisari, Lokasi tidak terlampau jauh dari kota dan jalan utama kota jogja. Tempat bersih, tersedia musholla, kantor informasi dan tiket terjangkau.

Tiket masuk ?

Tiket untuk wisatawan lokal di patok Rp. 5000,00-, sedangkan untuk turis asing di harga 10.000,00-.

3 Replies to “Candi Sambisari – Oleh Raja Rakai Garung Untuk Pacul Pak Tani”

Leave a Reply